Pentingnya Jurnal Untuk Karya Tulis Ilmiah

Bagi Mahasiswa/i yang belum mengetahui tentang Jurnal, berikut sedikit pengetahuan tentang jurnal.

Jurnal merupakan suatu kutipan dari laporan di dalam jurnal terdapat point-point penting dari laporan tersebut. Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, juga ilmu sosial dan humaniora.

Fungsi jurnal ilmiah diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Pembuatan Latar Belakang Masalah Skripsi / Tesis

Salah satu fungsi jurnal ilmiah adalah untuk mendapatkan permasalahan yang bisa dijadikan sebagai dasar penulisan latar belakang masalah skripsi / tesis. Dalam contoh jurnal terbaru biasanya terungkap permasalahan yang actual. Ini akan memudahkan peneliti dalam menyusun latar belakang masalah. Berbagai masalah-masalah yang relevan selanjutnya direkap atau dikumpulkan dalam sub identifikasi masalah. Langkah selanjutnya adalah memilih masalah yang akan diteliti dan dimasukan ke dalam rumusan masalah.

2. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Penyusunan Kerangka Teori Skripsi / Tesis

Dalam Contoh Jurnal Penelitian biasanya disertai dengan ringkasan teori-teori yang relevan dengan suatu tema tertentu. Hal ini dapat kita gunakan dan dikembangkan menjadi teori utama dalam penulisan skripsi atau tesis. Untuk mengembangkan kerangka teori yang sudah ada di dalam Jurnal Penelitian bisa dengan melengkapinya dari buku atau literature, jurnal penelitian yang lain, hasil penelitian, dan lain sebagainya. Dengan menggabungkan beberapa jurnal bahasa Indoneaia atau Jurnal Internasional, kerangka teori di skripsi atau tesis anda akan menjadi berbeda dan khas, sehingga tidak dianggap plagiat.

3. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Penyusunan Penelitian Terdahulu

Penelitian terdahulu biasanya menjadi salah satu sub-bab di dalam BAB II dari suatu karya ilmiah Skripsi atau Tesis. Penelitian terdahulu biasanya di isi dengan ringkasan dari contoh jurnal ilmiah, contoh skripsi atau contoh tesis. Ringkasan yang digunakan berisikan judul, tujuan penelitian terdahulu, metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian terdahulu, dan kesimpulan dari penelitian terdahulu.

4. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Metodologi Penelitian Skripsi / Tesis

Penyusunan metodologi penelitian akan lebih mudah jika kita mempunyai penelitian yang sejenis. Berdasarkan contoh jurnal ilmiah atau contoh penelitian sejenis akan terlihat pola yang sudah digunakan. Dengan demikian, dapat dilihat kelebihan dan kekurangan dari pendekatan metode penelitian yang sudah dilakukan.

5. Fungsi Jurnal Penelitian dalam Pengambilan Kesimpulan Skripsi / Tesis

Kesimpulan yang diambil dari suatu karya ilmiah skripsi atau tesis biasanya sesuai dengan kesimpulan yang terdapat dalam penelitian terdahulu. Namun demikian, terkadang terdapat perbedaan dengan penelitian yang terdahulu. Adanya perbedaan itu harus bisa dijelaskan oleh peneliti, misalnya karena ada perbedaan di objek, perbedaan dari aspek metodologi penelitian yang digunakan, atau karena faktor-faktor yang lain.

Adanya pemahaman terhadap fungsi jurnal ilmiah tersebut diharapkan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi atau tesis dapat secara bijak menggunakan jurnal penelitian.

5. Beberapa Situs e-jurnal

  1. STMIK Indonesia
  2. Indonesian Publication Index (IPI) 
  3. Google Scholar
  4. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  
  5. Science Direct  
  6. Directory of Open Access Journals 
  7. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia 
  8. Open Journal System BPPT
  9. Microsoft Academic
  10. RISTEKDIKTI
  11. CiteSeer

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *