CEO Apple: Medsos Itu Alat Manipulasi dan Misinformasi

Jakarta – CEO Apple Tim Cook ternyata tak menyukai media sosial dan perusahaan periklanan yang bersatu dalam satu platform. Kenapa?

Hal ini diungkapkan Cook ketika diwawancara terkait penggunaan media sosial untuk interferensi pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2016 lalu oleh Rusia. Menurut Cook, masalah utamanya bukan terletak pada iklan yang menargetkan grup atau individu tertentu.

Menurut Cook, hal tersebut hanyalah sepersekian persen dari masalah utama media sosial. Masalah utamanya sebenarnya adalah media sosial digunakan sebagai alat untuk memanipulasi dan memberi informasi salah pada para penggunanya.

“Saya tak percaya kalau masalah terbesarnya adalah iklan dari pemerintah asing. Saya percaya itu hanya 0,1% dari masalah utamanya. Masalah yang lebih besar adalah sejumlah alat ini digunakan untuk memecah belah orang, memanipulasi orang, menyebarkan berita bohong ke banyak orang dan mempengaruhi pemikiran mereka,” ujar Cook dalam wawancara dengan NBC tersebut.

Cook menyebut tak semua perusahaan teknologi sama, terutama dalam nilai-nilai yang diterapkan, prinsip dan model bisnis. Menurutnya, ada yang model bisnis perusahaan teknologi yang mengumpulkan data-data milik pengguna.

Itu bukanlah hal yang membuat Apple tertarik. Menurut Cook Apple sangat menghargai privasi penggunanya dan tak tertarik mengumpulkan data pengguna. Termasuk pada sistem FaceID yang ada di iPhone X, di mana data pengenalan wajah yang digunakan tersimpan dan terenkripsi di dalam ponsel.

“Apple tak mengetahui apa isi konten pesan kalian. Kami mengenkripsi FaceTime end to end. Kami tak mengetahui apa yang kamu katakan,” ujar Cook, seperti dilansir dari The Verge, Jumat (3/11/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *