Awal Agustus, Menkominfo Panggil Facebook, Ada Apa?

STMIK Indonesia JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara berencana untuk memanggil Facebook awal Agustus 2017. Pertemuan tersebut masih akan membahas soal pemberantasan konten negatif di layanan tersebut.

Sayangnya Rudiantara enggan menyebut kapan pertemuan itu akan berlangsung. Menkominfo juga mengaku saat ini telah melakukan pertemuan dengan pihak LINE yakni untuk membicarakan prosedur penanganan konten negatif.

“Awal Agustus Facebook akan datang, karena kita minta kerja sama yang lebih baik lagi dengan semua OTT. Tadi saya juga sudah bicara dengan eksekutif LINE,” katanya di Gedung DPR RI, Senin (24/7/2017).

“Kita siapkan semacam proses dan prosedur yang itu juga akan kita mintakan ke semua OTT lainnya. Kita akan tetapkan service level apabila ada konten negatif,” ungkapnya melanjutkan.

Pertemuan dengan Facebook ini sebenarnya telah diungkap oleh Rudiantara beberapa waktu lalu. Tak hanya Facebook, Menkominfo juga diagendakan bakal bertemu dengan pemilik layanan OTT lainnya seperti Twitter dan Google.

Sebelumnya pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah melakukan pembicaraan dengan perwakilan Facebook di Asia Pasifik pada Juni lalu. Melalui Ditjen Aplikasi Informatika (APTIKA) keduanya membahas seputar pemberantasan akun palsu.

Selain itu, APTIKA juga membahas soal kesepahaman soal aturan di kedua belah pihak. Diakui oleh Dirjen APTIKA Semuel Abrijani Pangerapan, selama ini Facebook dan Indonesia masih terkendala bahasa sehingga diperlukan adanya kesepahaman bersama.

Sumber : Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *