Asisten Virtual: Kumpulan Aplikasi Perintah Suara di Android agar Ponsel Mirip ‘Jarvis’

kumpulan-aplikasi-perintah-suara-di-android-agar-ponsel-mirip-jarvis-9lfwiMTxkl

STMIK Indonesia- JAKARTA – Pernah melihat film ‘Iron Man’? Di film tersebut, Tony Stark banyak dibantu dengan asisten virtual bernama Jarvis. Kini, Jarvis dapat Anda hadirkan di ponsel Android. Di Play Store sendiri, terdapat banyak aplikasi perintah suara gratis yang dapat Anda manfaatkan. Berikut ini merupakan beberapa di antaranya, seperti dikutip dari Android Authority, Jumat (31/3/2017).

  • AIVC (Alice)

AIVC (Alice) adalah asisten virtual sederhana yang memiliki beragam fungsi berguna. Beragam kegiatan seperti memulai aplikasi, menjadwalkan kegiatan, dan menyelesaikan masalah sederhana dengan AIVC (Alice).

  • Cyman Mark 2

Cyman Mark 2 adalah salah aplikasi asisten pribadi yang kurang dikenal, namun memiliki beragam kemampuan. Beberapa fitur tambahan termasuk terjemahan bahasa, daftar manajemen tugas, pengaturan alarm, dan konversi unit.

  • Dragon Mobile Assistant

Seperti dengan kompetitornya, Dragon Mobile Assistant juga membawa beberapa fitur standar. Satu hal yang menarik adalah kehadiran Attentive Mode yang memungkinkan perintah diberikan ketika layar dimatikan dan terkunci.

  • Indigo Virtual Assistant

Indigo Virtual Assistant adalah asisten aplikasi pribadi yang berfokus kepada kepribadian pengguna. Anda dapat melakukan perintah-perintah dasar termasuk mengirimkan SMS dan e-mail, panggilan telepon, navigasi, dan hal-hal biasa.

  • Robin

Pada awalnya, Robin dianggap sebagai pesaing terbesar SIRI. Aplikasi Ini mendukung perintah dasar seperti menelefon, mengirim SMS, serta mencari tahu informasi parkir dan kondisi lalu lintas.

Begini Cara Kerja Teknologi Perintah Suara

Asisten virtual pribadi merupakan teknologi yang berbasis kecerdasan buatan (AI). Biasanya, teknologi ini menggunakan mikrofon smartphone pengguna.

Satu hal yang menarik mengenai teknologi ini adalah sinergi yang terjadi antar software di smartphone. Ketika asisten virtual bekerja, beberapa teknologi seperti pengenalan suara, analisis bahasa, dan pengolahan bahasa alami juga ikut aktif.

Ketika pengguna meminta asisten pribadi cerdas untuk melakukan tugas, kecerdasan buatan akan mengonversi bahasa lisan pengguna menjadi data yang dapat dianalisis.

Proses selanjutnya, data akan dibandingkan dengan riwayat permintaan untuk merumuskan respons yang sesuai berdasarkan informasi dari database perangkat lunak yang biasanya terdapat di jaringan server di awan. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan AI asisten tidak dapat bekerja tanpa koneksi internet yang handal.

Teknologi Asisten Pribadi Virtual Bakal Jadi Fitur Wajib di Berbagai Perangkat

Ya, sejumlah perusahaan teknologi telah mengaplikasikan teknologi asisten virtual untuk perangkat masing-masing. Di masa depan, teknologi ini akan menjadi fitur wajib di berbagai perangkat menurut tren yang saat ini sedang berkembang.

Memudahkan pengguna dan menghemat waktu di tengah kesibukan, seperti apakah cara kerja asisten pribadi? Dinukil Okezone dari Webopedia, Jumat (31/3/2017), intelligent personal assistant (IPA) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membatu pengguna melakukan tugas sederhana.

Asisten pribadi virtual biasanya menyediakan beragam informasi dan menyampaikannya dengan bahasa yang mudah dipahami. Kebanyakan asisten digital menggunakan sumber daya online untuk membantu pengguna.

Dalam pandangan pengamat teknologi, Chi-Hua Chien, asisten pribadi virtual dapat membantu hal-hal simpel namun vital, seperti manajemen jadwal dan memonitor kesehatan pengguna.

Asisten pribadi virtual biasanya diaktifkan oleh kombinasi dari perangkat mobile dengan application programming interface (API). Maka dari itu, asisten pribadi virtual biasanya dilakukan dengan perintah suara.

Sumber : Okezone

One thought on “Asisten Virtual: Kumpulan Aplikasi Perintah Suara di Android agar Ponsel Mirip ‘Jarvis’”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *